Cara Mempercepat Pembukaan 1 Ke 2 Untuk Persalinan Normal

Cara Mempercepat Pembukaan 1 Ke 2 Untuk Persalinan Normal

dzarchive.com – Menginjak usia kehamilan trimester akhir akan menjadi hal yang sangat menegangkan bagi seorang perempuan. Detik-detik menuju kelahiran anak yang telah ditunggu selama 9 bulan lamanya dalam kandungan. Proses persalinan ini harus melalui pembukaan lapisan dalam serviks. Pembukaan ini biasanya berlangsung lama akan menghabiskan waktu beberapa jam hingga satu hari. 

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagai cara mempercepat pembukaan 1 ke 2 cara-cara ini mudah untuk dilakukan agar mempercepat kelahiran bayi karena sebagai ibu pasti Anda sudah tidak sabar bukan bertemu dengan anak? Maka simak penjelasan dalam artikel ini hingga tuntas!

Bergerak Agar Posisi Bayi Bergeser 

Untuk memulai bergerak, terlebih dahulu konsultasikan bersama dokter mengenai gerakan yang dilakukan. Di bawah ini merupakan gerakan yang biasa dilakukan orang-orang. 

  1. Berjalan-jalan dan berdiri. Ketika dalam masa pembukaan Anda lakukan jalan-jalan di sekitar rumah sakit atau kamar inap Anda. ini akan membantu menggeser posisi bayi dalam rahim turun menuju tulang panggul. Sehingga Anda bisa melewati pembukaan selanjutnya. 
  2. Ganti posisi ketika berbaring. Saat kelelahan berjalan dan ingin beristirahat maka baringkan tubuh di atas kasur dengan posisi yang berubah. Miringkan tubuh ke kanan atau kiri bergeser sedikit setiap menit. Atau bisa Anda mencoba untuk bangkit dari tempat tidur duduk menjadi berbaring selama beberapa waktu. 
  3. Posisi merangkak. Posisi ini akan mengurangi rasa sakit saat pembukaan dan membantu mengubah kepala bayi jadi ada di bawah. Letakan bantal sebagai pengganjal pada kedua lutut bawah dengan posisi duduk di lantai dan jadikan tangan dan kaki sebagai penyangga.

 

Coba Metode Lain 

  1. Buat diri Anda lebih rileks. Lakukan hal yang membuat Anda lebih santai dan nyaman. Bisa dengan menonton, berbaring di tempat tidur atau melakukan hal lainnya. Karena jika Anda merasa stres maka akan mempengaruhi hormon dalam tubuh yang berpengaruh pada persalinan. 
  2. Berendam dalam air hangat. Dengan merendamkan diri akan membuat Anda rileks selama menunggu proses persalinan nanti. 
  3. Tidur. Agar mempercepat waktu, baiknya Anda tidur dengan mengistirahatkan tubuh. Apabila pembukaan terjadi saat malam hari ada baiknya Anda tidur. 

 

Konsultasi dengan Dokter 

  1. Tanyakan pada dokter obat yang mempercepat pembukaan persalinan. Biasanya  dokter akan merekomendasi obat tertentu pada pasien. 
  2. Mintalah dokter untuk memecah ketuban Anda. ketika proses persalinan terhenti dengan waktu lama biasanya dokter akan memberikan saran untuk memecahkan ketuban secara manual untuk membantu persalinan. Dilakukan saat persalinan aktif namun dalam beberapa kasus ini dilakukan lebih awal. Jangan sampai Anda melakukannya sendiri. 
  3. Coba untuk infus hormon. Infus dengan hormon syntocinon atau oksitosin untuk membantu Anda selama persalinan. Namun ini tetap harus berdasarkan rekomendasi dokter karena terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan seperti denyut jantung bayi dan yang lainnya. 

Baca Juga : Trik Mudah Agar Cepat Terlelap Untuk Penderita Insomnia

Beberapa cara mempercepat pembukaan 1 ke 2 untuk Anda calon ibu yang sedang melakukan persalinan atau menuju persalinan. Semoga berjalan lancar dan anak sehat dengan ibunya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *