Gambar Jaring-Jaring Makanan yang Ada di Bawah Ini Bisa Anda Pelajari Loh!

Gambar Jaring-Jaring Makanan yang Ada di Bawah Ini Bisa Anda Pelajari Loh!

dzarchive.com – Menggambar jaring-jaring makanan menjadi cara efektif untuk lebih mengenal cara organisme sekaligus hewan hidup yang ada di habitatnya. Jika dalam rantai makanan, fungi ekosistemnya digambarkan secara linear atau setiap organisme hanya bisa memakan satu organisme. Berbeda halnya dengan jaring makanan, satu organisme mampu memakan organisme lainnya lebih dari satu jenis. 

Nah, dalam menuliskan atau menggambarkannya nanti, antara produsen primer, omnivor, herbivor, dan karnivor saling berkaitan satu sama lain. Hubungan ini juga biasanya ditandai dengan tanda hubung seperti panah. Untuk itu, kami akan memberikan panduan menggambar jaring makanan sekaligus apa sih definisi dari jaring makanan itu sendiri? 

Pengertian Jaring-Jaring Makanan

Sebelum masuk kepada panduan menggambarnya, Anda harus tahu apa definisinya. Nama lain (sinonim) dari jaring-jaring makanan dinamakan sistem sumber daya-konsumen. Sistem sumber daya-konsumen adalah gabungan dari beberapa rantai makanan yang saling berkaitan (berhubungan) satu sama lain dalam suatu ekosistem, walaupun penggabungannya sering kali tumpang tindih. 

Cara Menggambarnya

Jika ingin menggambar atau mengilustrasikan, pastikan urutannya sesuai ya. Sekarang, sebelum mulai menggambar, coba perhatikan beberapa panduan berikut ini. 

 

  • Persiapkan Jaring-Jaringnya 

 

  • Fokuslah pada tipe habitat tertentu. Misalnya, fokus pada habitat yang ada di dekat rumah guna memudahkan penyusunannya. Contohnya, di sekitaran sawah. 
  • Tulis daftar organismenya dalam habitat tersebut. Walaupun dalam suatu habitat akan ada banyak organismenya, Anda tidak harus menuliskannya semua. Pilihlah yang sekiranya memang krusial. 
  • Mulai ilustrasikan jaring-jaringnya pada sebuah kertas besar atau menggunakan komputer. 
  • Buatlah judul dengan tulisan lebih besar atau menggunakan huruf kapital. Usahakan judul tersebut sesuai dengan habitat yang Anda ingin buat. Misalnya, Lingkaran Kehidupan di Hutan. 
  • Jika memungkinkan untuk memberi label atau ilustrasi, berilah. Jika terbatas waktu, Anda cukup memberi tulisan nama latin dari organisme tersebut sebagai labelnya. 

 

 

 

 

  • Petakan Jaring-Jaring Awal

 

  • Masukkan semua produsen (autotrof) pada gambar. Keberadaan produsen primer ini penting, karena organisme tersebutlah sumber hidup organisme lain, yakni mampu memproduksi makanan hanya mengandalkan sinar matahari. Contohnya, jika habitatnya gurun, maka produsen primernya adalah kaktus. 
  • Untuk penempatan produsen, Anda tidak wajib menaruhnya di bagian bawah, guna pondasi. Tempatkan dimana saja, asalkan antar produsen terdapat jarak. 
  • Setelah itu, masukkan konsumen primernya. Primary consumer adalah makhluk pertama yang memakan produsen. Untuk jenisnya,  identik dengan herbivor. Contohnya, belalang memakan kaktus. Belalanglah konsumen primernya. 
  • Lalu, masukkan konsumen sekundernya. Hewan-hewan ini akan memakan konsumen pertama, sehingga identik dengan jenis binatang karnivor atau omnivor. Contohnya, tikus menjadi konsumen sekunder ketika memakan belalang atau rumput di gurun pasir. 

 

 

 

 

  • Sertakan Detail Akhirnya 

 

  • Sertakan konsumen tersiernya. Dikatakan tersier adalah apabila memakan konsumen sekunder, walaupun tidak memakan ketiganya, yakni produsen, konsumen primer, dan konsumen sekunder. Anda bisa menambahkan konsumen tersier sebanyak mungkin sesuai keinginan. 
  • Jika ingin jaring-jaringnya menyerupai piramida, awali menempatkan produsen di satu sisi halaman, serta predator di akhir (ujung seberang). 
  • Perdalam kerumitannya dengan cara menambahkan pengurai atau detritivor. Pengurai adalah makhluk pemakan organisme mati. Misalnya, cacing. Walaupun cara kerjanya tidak terlihat secara mata telanjang, tetapi keberadaannya sangat berarti. Khusus penempatannya, Anda bisa menempatkannya di sembarang tempat. 
  • Gambarkan dengan disertai panah antar organismenya. Arah panahnya mulai dari pemakan, kemudian menunjuk kepada makhluk yang dimakan. Contoh dari rumput menunjuk ke belalang. 

Baca Juga :  Anti Ribet Club, Cara Sederhana Merekam Layar PC Windows 7

 

 

Tertantang untuk segera mencoba membuat gambar jaring-jaring makanan? Jika iya, segera eksekusi ya. Ingat, walau habitatnya sama, hasil jaring-jaringnya tidak akan tampak serupa. Karena, itu semua tergantung organisme apa yang Anda pakai. Walaupun terlihat rumit, tetapi banyak ilmu yang akan Anda dapat, loh. Karena Anda semakin mengenal banyak jenis organismenya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *